Sabtu, 24 November 2012

NEW MEDIA DALAM KEHIDUPAN MANUSIA



Pengertian New Media

Media merupakan segala sesuatu yang dapat menyalurkan informasi dari sumber informasi (narasumber) kepada penerima informasi, jadi media bisa disebut sebagai perantaranya.  Jadi New Media atau Media Baru bisa diartikan dengan sesuatu yang menjadi perantara untuk seseorang mendapatkan informasi dari sumbernya tetapi perantara ini masih dibilang baru. New media merupakan suatu perkembangan atau revolusi dari sebuah media-media yang telah berkembang dari jaman dahulu. Sebagai contoh adalah zaman dahulu untuk mengabadikan sesuatu perlu untuk mengukir di batu atau dengan melukisnya. Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi yang semakin berkembang maka untuk mengabadikan sesuatu cukup dengan mengambil gambar atau memfoto.

New Media menurut Wikipedia adalah istilah yang dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital, komputerisasi, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai “new media” adalah digital, seringkali memiliki karakteristik yang dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, dapat dimampatkan (compress), interaktif dan tidak memihak. Sesuatu yang dinamakan “media” itu biasanya merupakan suatu alat atau cara sebagai perantara pengguna (manusia) untuk mendapatkan informasi dari sumber informasi. Berdasarkan definisi tersebut, media tentu membuat hidup kita menjadi lebih mudah. Media tersebut juga mengubah gaya hidup kita menjadi lebih modern dan praktis. Sudah banyak keuntungan-keuntungan yang bisa dimanfaatkan dengan adanya media tersebut. Contohnya dalam bidang pendidikan, pemerintahan, maupun dalam kehidupan sehari-hari. Makin hari, media tersebut juga bersifat mobile, yang artinya bisa dibawa kemana saja dan diakses dimana dan kapan saja. New Media yang akan dibahas saat ini adalah sebuah alat ataupun cara yang “new” atau hal baru yang bersifat inovatif, mempermudah pekerjaan, dan dapat dimanfaatkan oleh orang banyak.

Teknologi yang termasuk media baru yaitu:

  • Internet
  • Televisi Digital / Plasma TV
  • Digital Cinema / 3D Cinema
  • Superkomputer / Laptop
  • DVD / CD / Blue Ray
  • MP3 Player
  • Ponsel / PDA Phone
  • Video Game
  • RSS Feed
  • Streaming Video


Dampak positif dan negatif dari New Media
Dampak positif new media dalam kehidupan manusia

Jika kita bertanya apa saja manfaat yang ditimbulkan oleh new media dalam kehidupan kita. Pasti banyak yang kita pikirkan kebaikan-kebaikan yang ditimbulkan oleh new media. Diantaranya:
  • Dalam ini kita banyak mendapatkan informasi-informasi yang ada di Negara kita masing-masing dan bukan hanya Negara kita saja tetapi dunia internasional melewati jaringan internet seperti google dan youtobe untuk berbagai macam video.
  • Dalam google kita dapat memahami apa saja yang kita masih ragukan dalam pikiran kita. Di google kita dapat mencari informasi yang kita cari. Dari huruf awal A sampai huruf Z.
  • Di youtobe kita dapat melihat cuplikan video yang ada di dunia ini. Semua jenis kegiatan video ada di situs ini.
  • Dampak positif lainnya untuk new media saya mengambil salah satu jejaring sosial seperti facebook. Dalam facebook ini kita dapat memperbanyak teman dan menjalin komunikasi kita kepada kawan maupun saudara-saudara kita. Inilah salah satu dampak positif yang ditimbulkan dari new media pada kehidupan manusia.
Dampak negatif new media dalam kehidupan manusia

Namun diantara dampak positif tersebut ada pula dampak negatifnya. Diantaranya:
  • Semakin canggih perkembangan zaman maka semakin canggih juga perrkembangan dunia new media dalam kehidupan manusia. Ada beberapa jejaring internet juga yang menimbulkan dampak negatif yang sangat parah seperti situs-situs porno. Situs-situs tersebut membuat akhlak maupun pikiran anak dibawah umur sudah seperti orang dewasa yan memang belum pantes untuk anak-anak. Dengan mudahnya situs tersebut diakses oleh anak-anak maka timbullah seperti ini.
  • Yang paling menyorot adalah dampak situs jejaring sosial. Dalam hal ini saya akan menjelaskan tentang facebook. Kita sendiri sadar bahwa situs jejaring ini tidak hanya kalangan dewasa saja yang sudah mahir menggunakannya namun anak-anak pun sangat mahir menggunakannya, lalu dampaknya bagi anak-anak dibawah umur yang tidak mengerti untuk apa situs jejaring di buat? Sudah banyak kasus anak menjadi malas belajar karena asik bermain di situs jejaring, akhirnya sebagai orang tua yang kewalahan untuk memberi anaknya uang demi pergi ke warnet. Dalam facebook ini anak-anak di buat malas dengan hadirnya permainan-permainan dalam facebook yang sangat mudah untuk diikuti.
Dengan kesimpulan, New Media sebenarnya sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia tanpa menimbulkan sisi negatifnya tetapi dilihat dari kegiatan apa yang dilakukan dengan manusia itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar