Jumat, 03 April 2015

Cloud Computing

Kemajuan teknologi informasi yang  terus berkembang pesat selalu menciptakan teknologi baru yang lebih praktis untuk digunakan. Sekarang ini berkembang teknologi cloud computing yang mulai diadaptasi oleh perusahaan IT terkemuka seperti Microsoft, Google, Yahoo, telkomcloud . Teknologi ini memudahkan pengguna dalam mengakses informasi kapanpun dan di mana pun tanpa harus menggunakan tempat penyimpanan data seperti harddisk atau flashdisk.
Secara umum, definisi cloud computing (komputasi awan) merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet (awan) yang mempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer – komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama, tetapi tak semua yang terkonekasi melalui internet menggunakan cloud computing.
Teknologi komputer berbasis sistem Cloud ini merupakan sebuah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dan juga aplikasi pengguna. Teknologi ini mengizinkan para pengguna untuk menjalankan program tanpa instalasi dan mengizinkan pengguna untuk mengakses data pribadi mereka melalui komputer dengan akses internet.

Manfaat Cloud Computing Serta Penerapan Dalam Kehidupan Sehari – hari

Setelah penjabaran definisi singkat diatas tentu penggunaan teknologi dengan sistem cloud cukup memudahkan pengguna selain dalam hal efisiensi data, juga penghematan biaya. Berikut manfaat manfaat yang dapat dipetik lewat teknologi berbasis sistem cloud.

1.  Semua Data Tersimpan di Server Secara Terpusat

Salah satu keunggulan teknologi cloud adalah memungkinkan pengguna untuk menyimpan data secara terpusat di satu server berdasarkan layanan yang disediakan oleh penyedia layanan Cloud Computing itu sendiri. Selain itu, pengguna juga tak perlu repot repot lagi menyediakan infrastruktur seperti data center, media penyimpanan/storage dll karena semua telah tersedia secara virtual.

2.    Keamanan Data

Keamanan data pengguna dapat disimpan dengan aman lewat server yang disediakan oleh penyedia layanan Cloud Computing seperti jaminan platform teknologi, jaminan ISO, data pribadi, dll.

3.    Fleksibilitas dan Skalabilitas yang Tinggi

Teknologi Cloud menawarkan fleksibilitas dengan kemudahan data akses, kapan dan dimanapun kita berada dengan catatan bahwa pengguna (user) terkoneksi dengan internet. Selain itu, pengguna dapat dengan mudah meningkatkan atau mengurangi kapasitas penyimpanan data tanpa perlu membeli peralatan tambahan seperti hardisk. Bahkan salah satu praktisi IT kenamaan dunia, mendiang Steve Jobs mengatakan bahwa membeli memori fisik untuk menyimpan data seperti hardisk merupakan hal yang percuma jika kita dapat menyimpan nya secara virtual/melalui internet.

4.    Investasi Jangka Panjang

Penghematan biaya akan pembelian inventaris seperti infrastruktur, hardisk, dll akan berkurang dikarenakan pengguna akan dikenakan biaya kompensasi rutin per bulan sesuai dengan paket layanan yang telah disepakati dengan penyedia layanan Cloud Computing. Biaya royalti atas lisensi software juga bisa dikurangi karena semua telah dijalankan lewat komputasi berbasis Cloud.
Penerapan Cloud Computing telah dilakukan oleh beberapa perusahaan IT ternama dunia seperti Google lewat aplikasi Google Drive, IBM lewat Blue Cord Initiative, Microsoft melalui sistem operasi nya yang berbasis Cloud Computing, Windows Azure dsb. Di kancah nasional sendiri penerapan teknologi Cloud juga dapat dilihat melalui penggunaan Point of Sale/program kasir.
Salah satu perusahaan yang mengembangkan produknya berbasis dengan sistem Cloud adalah DealPOS. Metode kerja Point of Sale (POS) ini adalah dengan mendistribusikan data penjualan toko retail yang telah diinput oleh kasir ke pemilik toko retail melalui internet dimanapun pemilik toko berada.  Selain itu, perusahaan telekomunikasi ternama nasional, Telkom juga turut mengembangkan sistem komputasi berbasis Cloud ini melalui Telkom Cloud dengan program Telkom VPS dan Telkom Collaboration yang diarahkan untuk pelanggan UKM (Usaha Kecil-Menengah).

Beberapa penggunaan cloud computing dalam dunia IT adalah :

Google Drive: Ini adalah layanan komputasi awan murni, dengan semua aplikasi dan penyimpanan ditemukan secara online. Google Drive juga tersedia bukan hanya pada komputer desktop. Kita dapat menggunakannya pada tablet seperti iPad atau smartphone. Bahkan, semua layanan Google bisa dianggap komputasi awan: Gmail, Google Calendar, Google Reader, Google Voice, dan sebagainya.

Apple iCloud: layanan awan Apple terutama digunakan untuk penyimpanan online dan sinkronisasi email, kontak, kalender, dan banyak lagi. Semua data yang dibutuhkan tersedia di iOS, Mac OS, atau perangkat Windows. iCloud juga menyimpan file media. Layanan gabungan seperti Box, Dropbox, SugarSync dan semuanya bekerja di awan karena mereka menyimpan versi synched file kita secara online. Sinkronisasi yang memungkinkan semua perangkat untuk mengakses data yang sama adalah landasan pengalaman komputasi awan, bahkan jika kita mengakses file lokal.

Windows Azure : sistem operasi yang berbasis komputasi awan, yang dibuat oleh microsfot untuk mengembangkan dan mengatur aplikasi serta melayani sebuah jaringan global dari Microsot dat Centers. Windows Azure yang mendukung berbagai macam bahasa dan alat pemograman. Windows Azure menyediakan infrastruktur dengan skala yang sesuai dengan kebutuhan. Baik dalam membuat aplikasi baru atau menjalankan aplikasi yang telah disediakan.

Sumber :
http://pusatteknologi.com/pengertian-manfaat-cara-kerja-dan-contoh-cloud-computing.html
http://www.lingkarmerah.com/2013/08/cloud-computing-adalah.html
Cloud Computing oleh REZA CHANDRA, SKom, MMSI

Senin, 19 Januari 2015

Proposal Bisnis di Bidang IT

Pengantar Bisnis Informatika
PROPOSAL USAHA ( EBAY )

Kelas 4IA18

Nama Anggota dan NPM : 

- Deni Angga (51411839)
- Devi Triana Arifin (51411938)
- Dwi Irfan Pambudi (52411242)
- Faizal Kurniawan (52411622)
- Prabu Randy Cintratama (58411721)
- Regie Imam Prabowo (55411934)
- Tri Ajeng Listiani (57411159)
- Wantarista Ade Wardana (57411359) 




UNIVERSITAS GUNADARMA
TEKNIK INFORMATIKA
2015


BAB 1 
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
     Didunia internasional saat ini perkembangan jual beli secara online kian pesat tingkat keefisienannya. Seseorang bisa berbisnis untuk menjual beberapa barang yang masih layak pakai dengan orang lain tanpa harus bertatap muka secara langsung. Dengan kemudahan dan banyaknya perantara yang disediakan oleh para penyedia jasa layanan jual beli secara online ini, banyak orang mulai mengikuti perkembangan barang – barang apa saja yang akan dicari. Banyak orang yang menjual barang yang masih layak pakai yang pastinya akan dicari oleh para pembeli yang mebutuhkan. Misalnya seperti sepeda, rumah, pakaian, aksesoris, handphone, barang-barang antik, bahkan menurut sumber lainnya, ada jual beli pesawat jet pada market online ini.
     Disini kita akan membahas tentang salah satu media pasar online didunia yaitu EBAY. EBAY memiliki jasa layanan jual beli online yang kian pesat perkembangannya. Di Ebay pembeli bisa menemukan apa saja yang diinginkan dengan pembayaran yang mudah dan bisa dipercaya. Ebay dibuat pada tahun 1995 oleh Pierre Omidyar sebagai AuctionWeb, yang merupakan bagian dari situs pribadi, yang saat itu hanya berguna sebagai tempat ajang jual beli untuk barang yang sulit ditemukan. Saat awal kemunculan, Ebay menawarkan servisnya secara cuma – cuma atau gratis. Setelah penggunanya mulai meningkat drastis, barulah Ebay mulai menarik biaya untuk listing fee.

1.1 Tujuan
Tujuan dalam penjualan beli online (ebay) disini adalah
a. Mempercepat penjualan barang dengan cara online
b. Mempermudah dalam menjual atau membeli barang dengan cara memasukkan kedalam dunia internet
c. Mendapat kepercayaan dari seseorang karena dalam ebay ini diutamakan kepercayaan dalam transaksi jual beli.

BATASAN MASALAH
Dalam proposal jual beli online melalui ebay ini, kita memberikan batasan masalah dalam pembahasan. Berikut beberapa hal yang mencakup sebagai batasan masalah dalam proposal ini :
· Kurangnya sumber yang lebih detail dengan bahasa Indonesia yang digunakan.
· Kurangnya contoh jual beli yang dilakukan sebagai bagian dari simulasi pembahasan tentang jual beli online ini. 
· Cara pembayaran pada ebay didunia internasional berbeda dengan cara transfer banking dengan yang sering digunakan oleh media market online yang ada diIndonesia.

1.3 SASARAN USAHA
· Pasar online dunia
· Para pemilik barang antic
· Para pembeli barang antic
· Investor


BAB II 
PEMBAHASAN

2.1 BAHASAN
     Market online ebay ini memberi target kepada pada user dengan cara membuat pembayaran dengan tingkat keamanan yang terpercaya. Karena dengan tingkat kepercayaan konsumen atau user yang menggunakan ebay ini, bisa dimanfaatkan sebagai acuan untuk mengembangkan jual beli online dibidang bisnis investasi para pemegang saham diEbay.
Apa saja yang dapat dijual di Ebay?

     Barang dan jasa bisa diperjual belikan disini. Barang yang masih baru atau yang masih layak pakai bisa diposting dalam halaman jual beli di Ebay dalam beberapa kategori, seperti misalnya barang antik, seni, buku, bisnis, komputer dan networking, furniture, home appliance, musik, servis khusus suatu bidang, barang olahraga, tiket dan travel, mainan, baju, sepatu serta aksesoris dan masih banyak lagi lainnya. Bahkan menurut sumber lain menyatakan bahwa pesawat terbangpun bias diperjual belikan melalui Ebay.
     Cara penjual untuk menerima pembayaran bisa melalui egold, moneybooker, western union, cek, transfer bank dan tunai. Biaya pengiriman akan dibebankan kepada pembeli dengan syarat tertentu dan perjanjian belah pihak yang telah disepakati untuk mengesahkan pengiriman barang atau jasa baik pengiriman domestic ataupun internasional.
     Dalam melakukan jual beli online ( Ebay ) disini kita bias menggunakan system pembayaran yang lebih aman pembayaran menggunakan Paypal lebih dianjurkan karena lebih menjaga keamanan pembayaran. pemegang account Paypal akan diverifikasi oleh Paypal sehingga meminimalisasi tingkat penipuan dalam hal pembayaran. Paypal juga cocok untuk pembayaran instan. Tetapi juga bias menggunakan pembayaran lain seperti menggunakan atm bersama akan tetapi resiko bisa menjadi lebih besar jika ada penipuan.

2.2 Keuntungan dan Kekurangan dalam Menggunakan Ebay
Kelebihan dalam Ebay antara lain :
· Pengunjung atau visitor banyak setiap harinya. Memungkinkan barang yang dijual melalui Ebay akan cepat terjual. 
· Tidak perlu mengeluarkan kos untuk promosi produk. Tetapi pastikan barang dijual terdapat demand dan selling through yang tinggi. 
· Berpotensi besar untuk meraih keuntungan yang lebih cepat karena terpercaya karena feedback antara penjual dan pembeli sangat mengutamakan system kepercayaan.
· Banyak alat bantu atau tools pada ebay yang memaksimalkan cara yang paling pantas dalam hal jual beli.

Kekurangan Ebay antara lain :
Ramai penjual yang tidak tahan dengan fee ebay dalam meletakan barang (listing item). 
Peraturan yang ketat untuk melistingkan barang-barang (listing limit) terutama account yang baru dan feedback yang sedikit. 
Feedback negatif hanya boleh ditinggalkan oleh pembeli. 
Persaingan harga dengan barang-barang dari China.
Profit margin yang sangat kecil.


BAB III 
RUANG LINGKUP PENGEMBANGAN

· Media Elektronik seperti : Komputer
· Alat pembayaran ( Uang, ATM, dan barang yang bisa ditukar)
· Dunia Internet
· Market Online 
· Sumber daya manusia yang terpercaya dari pihak penjual ataupun pembeli


BAB IV
PENUTUP

     Didunia internasional saat ini perkembangan jual beli secara online kian pesat tingkat keefisienannya. Seseorang bisa berbisnis untuk menjual beberapa barang yang masih layak pakai dengan orang lain tanpa harus bertatap muka secara langsung. Dengan hadirnya Ebay, maka proses jual beli melalui media ini terasa lebih mudah. Namun jika pada awalnya hanya bersifat free, karena bertambah banyaknya pengguna media ini, maka media ini mulai dikenai biaya. Selain itu, tujuan dari penggunaan Ebay yaitu dapat mempercepat penjualan barang, kemudian mempermudah dalam menjual atau membeli barang lewat dunia maya, hingga menciptakan kepercayaan dari seseorang karena dalam Ebay ini diutamakan kepercayaan dalam transaksi jual beli. Dalam penggunaan Ebay, proses pembayarannya menggunakan Paypal, untuk meminimalisasi penipuan dalam bertransaksi. Beberapa keuntungan dari penggunaan Ebay disini adalah yaitu jumlah pengunjung atau visitor banyak setiap harinya, memungkinkan barang yang dijual melalui ebay akan cepat terjual. Kemudian pengguna tidak perlu mengeluarkan kos untuk promosi produk. tetapi bisa memastikan barang dijual terdapat demand dan selling through yang tinggi. Selain itu juga dalam menggunakan Ebay terdapat potensi besar untuk meraih keuntungan yang lebih cepat karena terpercaya karena feedback antara penjual dan pembeli sangat mengutamakan system kepercayaan. Dan yang terakhir, banyak alat bantu atau tools pada ebay yang memaksimalkan cara yang paling pantas dalam hal jual beli.

SUMBER :
http://blogger2pemula.blogspot.com/2012/10/apa-itu-ebay-untuk-apa.html
http://www.id.ebay.com/what-is-eBay.htm
http://www.resep.web.id/bisnis-keuangan/apa-itu-ebay.html

Sabtu, 27 Desember 2014

Pengantar Bisnis Informatika : SDM DAN ORGANISASI

Nama Anggota Kelompok :
  • Dwi Irfan Pambudi
  • Deni Angga
  • Devi Triana Arifin
  • Faizal Kurniawan
  • Prabu Randy Cintratama
  • Regie Imam Prabowo
  • Tri Ajeng Listiani
  • Wantarista Ade Wardana

   

BENTUK-BENTUK STRUKTUR ORGANISASI BADAN USAHA


    1.    Fungsional 

  • Orang-orang dikelompokkan ke dalam departemen – departemen menurut kesamaan keterampilan dan aktivitas-aktivitas kerja.
  • Organisasi fungsional adalah suatu organisasi dimana wewenang dari pimpinan tertinggi dilimpahkan kepada kepala bagian yang mempunyai jabatan fungsional untuk dikerjakan kepada para pelaksana yang mempunyai keahlian khusus. Struktur organisasi fungsional diciptakan oleh F.W.Taylor.

Ciri-ciri Fungsional :

  • Organisasi kecil
  • Di dalamnya terdapat kelompok-kelompok kerja staff ahli
  • Spesialisasi dalam pelaksanaan tugas
  • Target yang hendak dicapai jelas dan pasti
  • Pengawasan dilakukan secara ketat
  • Tidak menjamin adanya kesatuan perintah
  • Hemat waktu karena mengerjakan pekerjaan yang sama

Rancangan Struktur Fungsional


Keunggulan Fungsional :

  • Penggunaan sumberdaya yang efisien, skala ekonomis
  • Spesialisasi keterampilan yang mendalam dan pengembangan
  •   Kemajuan karier dalam departemen fungsional
  • Panduan dan pengendalian dari manajemen Puncak
  • Koordinasi yang luar biasa dalam fungsi-fungsi
  •   Pemecahan masalah teknikal yang berkualitas
Kelemahan Fungsional :

  • Komunikasi lintas departemen fungsional yang buruk
  • Tanggapan lambat yang diberikan pada perubahan lingkungan, ketinggalan inovasi
  • Keputusan terkonsentrasi pada hirarki puncak, menciptakan penundaan
  • Tanggung jawab bagi masalah yang muncul sulit ditunjukkan secara tepat
  • Pandangan terbatas mengenai sasaran organisasi dari pada karyawan
  • Pelatihan manajemen umum yang terbatas bagi karyawan

   2.  Divisional 


  • Departemen dikelompokkan ke dalam divisi mandiri terpisah berdasarkan pada kesamaan produk, program, atau daerah geografis. Perbedaan keterampilan merupakan dasar departementalisasi, dan bukannya kesamaan keterampilan
  • Contoh : www.heinz.com
Rancangan Struktur Divisional


Keunggulan Divisional :
  • Cepat tanggap, fleksibilitas pada lingkungan yang tidak stabil
  • Memperhatikan kebutuhan konsumen
  • Koordinasi yang luar biasa lintas departemen fungsional
  • Pembebanan tanggung jawab yang jelas bagi permasalahan produk
  • Penekanan terhadap keseluruhan produk dan tujuan divisional
  • Pengembangan keterampilan manajemen umum
Kelemahan Divisional :
  •  Duplikasi sumberdaya lintas divisi
  • Kurang pendalaman teknis dan spesialisasi dalam divisi-divisi
  • Koordinasi yang buruk lintas divisi
  • Kurangnya kendali sumberdaya menajemen puncak
  • Kompetesi untuk sumberdaya perusahaan 

   

   3.   Matriks 


  • lRanati komando divisional dan fungsional diimplementasikan secara simulatan dan membebani satu sama lainnya dalam departemen yang sama. Terdapat dua rantai komando, dan beberapa karyawan memberikan laporan pada dua bos.
  • Contoh : www.nasa.gov
Rancangan Struktur Matriks
Keunggulan Matriks :

  •  Penggunaan sumberdaya yang lebih efisien dibandingkan pada hirarki tunggal
  • Fleksibilitas dan adaptabilitas terhadap lingkungan yang terus berubah
  • Pengembangan keterampilan manajemen umum dan spesialis
  • Kerja sama interdisiplin, ketersediaan ahli untuk seluruh divisi
  • Pelebaran tugas-tugas bagi para karyawan
Kelemahan Matriks :

  • Penggunaan sumberdaya yang lebih efisien dibandingkan pada hirarki tunggal
  • Fleksibilitas dan adaptabilitas terhadap lingkungan yang terus berubah
  • Pengembangan keterampilan manajemen umum dan spesialis
  • Kerja sama interdisiplin, ketersediaan ahli untuk seluruh divisi
  • Pelebaran tugas-tugas bagi para karyawan

SISTEM PENGGAJIAN


Aspek Keuangan

Aspek keuangan merupakan aspek yang digunakan untuk menilai keuangan perusahaan secara keseluruhan. Aspek keuangan memberikan gambaran yang berkaitan dengan keuntungan perusahaan, sehingga merupakan salah satu aspek yang sangat penting untuk diteliti kelayakanya. 
Alat ukur untuk menentukan kelayakan suatu usaha berdasarkan kriteria investasi dapat dilakukan melalui pendekatan :
    - Payback Period (PP)
    - Average Rate of Return (ARR)
    - Net Present Value (NPV)
    - Internal Rate of Return (IRR)
    - Profitability Index (PI)
    - Break event point (BEP)

Secara keseluruhan, penilaian dalam aspek keuangan meliputi hal-hal seperti:
     - Sumber-sumber dana yang diperoleh.
     - Kebutuhan biaya investasi.
     - Estimasi pendapatan dan biaya investasi, termasuk jenis dan jumlah biaya selama umur investasi.
     - Proyek neraca dan laporan rugi laba
     - Kriteria penilaian investasi
     - Rasio keuangan untuk menilai kemampuan perusahaan.

·         Sumber dana
-          Modal asing (pinjaman)
o   Pinjaman dari dunia perbankan
o    Pinjaman dari lembaga keuangan lain
o   Pinjaman dari perusahaan non bank
-          Modal sendiri
o   Setoran dari pemegang saham
o   Dari cadangan laba
o   Laba yang belum dibagi

·         Biaya Kebutuhan Investasi
-          Biaya Pra-Investasi
o   Biaya pembuatan studi
o   Biaya pengurusan izin
-          Biaya aktiva tetap
o   Aktiva tetap berwujud        
-           Tanah                               
-           Mesin                               
-           Bangunan                        
-           Peralatan
-           Inventaris kantor
               
o   Aktiva tetap tidak berwujud
-          Hak cipta
-          Lisensi
-          Merek dagang

·         Biaya Kebutuhan Investasi
-          Biaya operasi
o   Upah dan gaji karyawan
o   Biaya listrik
o   Biaya telepon dan air
o   Biaya pemeliharaan
o   Pajak
o   Premi asuransi
o   Biaya pemasaran
o   Arus kas (Cash Flow)

-          Adalah jumlah uang yang masuk dan keluar dalam suatu perusahaan mulai dari investasi dilakukan sampai berakhirnya investasi tersebut.
·         Arus kas (Cash Flow) Adalah jumlah uang  yang masuk dan keluar dalam perusahaan mulai dari investasi dilakukan sampai berakhirnya investasi.
·         Payback Period (PP) Adalah metode penilaian terhadap jangka waktu pengembalian investasi suatu proyek atau usaha.
·         Average Rate of Return (ARR) Adalah cara mengukur rata-rata pengambilan bunga dengan cara membandingkan antara rata-rata laba sebelum pajak dengan rata-rata investasi.
·         Net Present Value (NPV) Adalah perbandingan antara PV kas bersih dengan PV investasi selama umur investasi.
·         Internal Rate of Return (IRR) Adalah alat untuk mengukur tingkat pengembalian hasil intern.
·         Profitability Index (PI) Merupakan rasio aktivitas dari jumlah nilai sekarang penerimaan bersih dengan nilai sekarang pengeluaran investasi selama umur investasi.
 
Standar Gaji Information Technology (IT)

· Country Manager, Standar gaji minimal Rp 75,000,000 maksimal Rp.150,000,000
· Sales Director, Standar gaji minimal Rp 50,000,000 maksimal Rp. 75,000,000
· Analyst Programmer, Standar gaji minimal Rp. 3,000,000 maksimal Rp.7,000,000
· Project Manager, Standar gaji minimal Rp 10,000,000 maksimal Rp.18,000,000
· System Network Administrator, Standar gaji minimal Rp 5,000,000 maksimal Rp.9,000,000
· IT Auditor, Standar gaji minimal Rp 4,000,000 maksimal Rp.12,000,000

Sumber :

Minggu, 07 Desember 2014

TES AKHIR VCLASS JARKOMLAN

1. Service yang cara kerjanya mirip dengan mengirim surat adalah :
a. Connection Oriented         c. Semua jawaban benar
b. Connectionless Oriented   d. Semua jawaban salah

Jawaban : a. Connection Oriented 

2. Nama lain untuk Statistical Time Division Multiplexing (TDM) adalah :
a. Non-Intelligent TDM      c. Asynchromous TDM
b. Synchronous TDM         d. Semua jawaban benar

Jawaban : b. Synchronous TDM

3. Hubungan laju transmisi data dengan lebar pita saluran transmisi adalah :
a. Laju transmisi naik jika lebar pita berkuran.
b. Laju transmisi naik jika lebar pita bertambah.
c. Laju transmisi tidak bergantung pada lebar pita.
d. Semua jawaban salah.

Jawaban : d. Semua jawaban salah.

4. Teknik encoding Bipolar-AMI dan Pseudoternary termasuk dalam teknik :
a. Multilevel Binary    c. Biphase
b. NRZ                        d. Manchester

Jawaban : a. Multilevel Binary

5. Jika dua frame ditransmisikan secara serentak maka akan menyebabkan terjadinya tubruklan. Kejadian ini dalam jaringan dikenal dengan istilah :
a. Contention        c. Crash
b. Collision           d. Jabber

Jawaban : c. Crash

6. Salah satu protocol CSMA yang tidak terus menerus mendengarkan channel adalah :
a. 1-persistent     c. nonpersistent
b. p-persistent     d. CSMA/CD

Jawaban : d. CSMA/CD

7. Salah satu protocol yang bebas dari tubrukan adalah :
a. Bit-Map       c. Carrier Sense
b. CSMA         d. ALOHA

Jawaban : c. Carrier Sense

8. Selective Repeater merupakan istilah lain dari :
a. Router       c. Gateway
b. Bridge       d. Repeater

Jawaban : a. Router

9. Dalam pemeliharaan ring logis 802.4, frame kontrol yang bertugas untuk mengijinkan suatu stasiun untuk meninggalkan ring adalah :
a. Claim_token        c. Token
b. Who_follows       d. Set_Successor

Jawaban : c. Token

10.Algoritma yang digunakan untuk menghindari kemacetan adalah :
a. Broadcast Routing       c. Optimal Routing
b. Flow Control               d. Flooding Routing

Jawaban : b. Flow Control

11.Algoritma routing yang menggunakan informasi yang dikumpulkan dari subnet secara keseluruhan agar keputusannya optimal adalah :
a. Algoritma Global      c. Algoritma Terisolasi
b. Algoritma Lokal        d. Algoritma Terdistribusi

Jawaban : d. Algoritma Terdistribusi

12.Keuntungan multiplexing adalah :
a. Komputer host hanya memerlukan satu I/O port untuk satu terminal
b. Komputer host hanya memerlukan satu I/O port untuk banyak terminal
c. Komputer host memerlukan banyak I/O port untuk banyak terminal
d. Komputer host memerlukan banyak I/O port untuk satu terminal

Jawaban : b. Komputer host hanya memerlukan satu I/O port untuk banyak terminal

13.Jenis kabel UTP digunakan untuk jaringan Ethernet :
a. 10Base2        c. 10BaseT
b. 10Base5        d. Semua jawaban benar

Jawaban : c. 10BaseT

14.Suatu algoritma routing yang tidak mendasarkan keputusan routingnya pada kondisi topologi dan lalulintas saat itu adalah :
a. Non adaptive      c. RCC
b. Adaptive            d. Hot potato

Jawaban : a. Non adaptive

15.Data/message yang belum dienkripsi disebut dengan :
a. Plaintext       c. Auntext
b. Ciphertext    d. Choke Packet

Jawaban : a. Plaintext

16.Algoritma Kontrol Kemacetan yang menjaga jumlah paket tetap konstan dengan menggunakan permits yang bersirkulasi dalam subnet adalah :
a. Kontrol Arus           c. Pra Alokasi Buffer
b. Kontrol Isarithmic  d. Choke Packet

Jawaban : c. Pra Alokasi Buffer

17.Sekumpulan aturan yang menentukan operasi unit-unit fungsional untuk mencapai komunikasi antar dua entitas yang berbeda adalah :
a. Sintaks     c. Protokol
b. Timing     d. Routing

Jawaban : c. Protokol

18.Algoritma yang digunakan oleh transparent bridge adalah :
a. RCC                           c. Flooding
b. Backward Learning   d. Shortest path

Jawaban : b. Backward Learning

19.Dalam model OSI internetworking membagi lapisan network menjadi beberapa bagian, kecuali
a. Intranet sublayer    c. Internet sublayer
b. Access sublayer     d. Enhanchement sublayer

Jawaban : a. Intranet sublayer

20.Teknik time domain reflectometry digunakan pada standard IEEE:
a. 802.2     c. 802.4
b. 802.3     d. 802.5

Jawaban : b. 802.3

21.Suatu cara yang mempunyai kemampuan untuk menyedian privacy, authenticity, integrity dan pengamanan data adalah :
a. Enkripsi         c. Deskripsi
b. Antisipasi      d. Semua jawaban salah

Jawaban : a. Enkripsi

22.Tujuan adanya jaringan komputer adalah…..
a. Resource sharing         c. High reability
b. Penghematan biaya     d. Semua jawaban benar

Jawaban : d. Semua jawaban benar

23.Mengontrol suapaya tidak terjadi deadlock merupakan fungsi dari lapisan :
a. Network Layer      c. Data link Layer
b. Session Layer       d. Application Layer

Jawaban : a. Network Layer

24.Frame yang terjadi apabila suatu stasiun mentransmisikan frame pendek kejalur ring yang panjang dan bertubrukan atau dimatikan sebelum frame tersebut dikeluarkan. Frame ini disebut dengan istilah :
a. Orphan      c. Pure
b. Beacon     d. Semua jawaban salah

Jawaban : b. Beacon

25.Wire center digunakan pada standar :
a. 802.2     c. 802.4
b. 802.3    d. 802.5

Jawaban : b. 802.3

26.Komponen dasar model komunikasi adalah :
a. Sumber     c. Media
b. Tujuan      d. Semua benar

Jawaban : d. Semua benar

27.Di bawah ini termasuk Broadcast network :
a. Circuit Switching     c. Satelit
b. Paket Switching       d. Semi Paket Switching

Jawaban : c. Satelit

28.Paket radio termasuk golongan :
a. Broadcast     c. Publik
b. Switched      d. Semua benar

Jawaban : a. Broadcast
 
29.Di bawah ini termasuk guided media :
a. UTP             c. Fiber Optik
b. Coaxial       d. Semua benar

Jawaban : d. Semua benar

30.Modul transmisi yang sifatnya searah adalah :
a. Pager          c. TV
b. Simpleks    d. Semua benar

Jawaban : c. TV

Quiz-Vclass JARKOMLAN

1. Apakah dimaksud dengan komunikasi broadband ?
2. Sebutkan keuntungan SONET !
3. Jelaskan prinsip kerja dari ATM !
4. Apakah yang dimaksud dengan DSL


Jawaban :

1. Komunikasi broadband adalah suatu layanan telekomunikasi data (jaringan nirkabel) yang memiliki bandwidth besar dan kecepatan tinggi. Menggunakan DSL, Modem Kabel, Ethernet, Wireless Access, Fiber Optik, W-LAN, V-SAT, dan lain sebagainya. Beberapa contoh teknologi broadband adalah SONET, ATM (Asynchronous Transfer Mode), xDSL, VPN, dsb.

Definisi Broadband menurut beberapa sumber antara lain :
* Menurut wikipedia broadband adalah merupakan sebuah istilah dalam internet yang merupakan koneksi internet transmisi data kecepatan tinggi. Ada dua jenis jalur lebar yang umum, yaitu DSL dan kabel modem, yang mampu mentransfer 512 kbps atau lebih, kira-kira 9 kali lebih cepat dari modem yang menggunakan kabel telepon standar.
* Menurut rekomendasi ITU No. I.113, “Komunikasi broadband didefinisikan sebagai komunikasi dengan kecepatan transmisi 1,5 Mbps hingga 2,0 Mbps.”. sedangkan
* Menurut FCC di amerika, “ komunikasi broadband adalah suatu komunikasi yang memiliki kecepatan simetri (up-stream dan down-stream) minimal 200 kbps.
Broadband sering disebut juga komunikasi masa depan karena memiliki internet dengan kecepatan yang tinggi. Broadband banyak dijumpai pada backbone dari suatu network. Aplikasi broadband dapat berupa layanan personal, layanan publik, layanan komersial, dan layanan hiburan.


2. SONET (Synchronous Optical Network) adalah standar komunikasi digital untuk sistem transmisi yang dapat meningkatkan kapasitas bandwidth pada kabel serat optik tanpa perlu melakukan penambahan kabel optik. Kehandalan lalu lintas pada SONET akan selalu terjaga pada topologi ring yang menggunakan wavelenght division multiplexing (WDM).

Keuntungan SONET adalah dapat memberikan fungsionalitas yang bagus, untuk jaringan kecil, medium, maupun besar.

* Collector rings menyediakan interface (tampilan antarmuka) ke seluruh aplikasi, termasuk local office, PABX, access multiplexer, BTS, dan terminal ATM.
* Manejemen bandwith berfungsi untuk proses routing, dan manajemen trafik lalu lintas jaringan.
* Jaringan backbone berfungsi menyediakan konektifitas untuk jaringan jarak jauh.




3. ATM (Asynchronous Transfer Mode) merupakan sebuah protokol jaringan yang mentransmisikan data paket pada kecepatan 155 Mbps atau lebih. ATM mendukung variasi media seperti video, CD-audio, dan gambar. Dengan menggunakan Kabel fiber optic ataupun kabel twisted pair, ATM bekerja pada model topologi Star yang umumnya digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan Local Area Network (LAN) dan Internet Service Providers (ISP) untuk meningkatkan kecepatan akses Internet.

Prinsip kerja dari ATM

* ATM telah direkomendasikan oleh CCITT sebagai mode transfer untuk B-ISDN.
* Pada ATM, informasi dikirim dalam blok data dengan panjang tetap yang disebut sel. Sel merupakan unit dari switching dan transmisi.
* Untuk mendukung layanan dengan rate yang beragam, maka pada selang waktu tertentu dapat dikirimkan sel dengan jumlah sesuai dengan rate-nya.
* Sebuah sel terdiri atas information field yang berisi informasi pemakai dan sebuah header.
* Informasi field dikirim dengan transparan oleh jaringan ATM dan tak ada proses yang dikenakan padanya oleh jaringan.
* Urutan sel dijaga oleh jaringan, dan sel diterima dengan urutan yang sama seperti pada waktu kirim.
* Header berisi label yang melambangkan informasi jaringan seperti addressing dan routing.
* Dikatakan merupakan kombinasi dari konsep circuit dan packet switching, karena ATM memakai konsep connection oriented dan mengggunakan konsep paket berupa sel.
* Setiap hubungan mempunyai kapasitas transfer (bandwidth) yang ditentukan sesuai dengan permintaan pemakai, asalkan kapasitas atau resource-nya tersedia.
* Dengan resource yang sama, jaringan mampu atau dapat membawa beban yang lebih banyak karena jaringan mempunyai kemampuan statistical multiplexing.


4. DSL (Digital Subcriber Line) adalah teknologi akses yang menggunakan saluran kabel tembaga eksisting untuk layanan broadband.

Teknologi DSL disebut juga xDSL. Yang termasuk dalam teknologi DSL / xDLS antara lain:
* High-bit-rate Digital Subscriber Line (HDSL), covered in this article
* Symmetric Digital Subscriber Line (SDSL), a standardised version of HDSL
* Asymmetric Digital Subscriber Line (ADSL), a version of DSL with a slower upload Seed
* Rate-Adaptive Digital Subscriber Line (RADSL)
* Very-high-bit-rate Digital Subscriber Line (VDSL)
* Very-high-bit-rate Digital Subscriber Line 2 (VDSL2), an improved version of VDSL
* G. Symmetric High-speed Digital Subscriber Line (G.SHDSL), a standardised replacement for early proprietary SDSL by the International Telecommunication Union Telecommunication Standardization Sector

xDSL mampu membawa informasi suara dan data (termasuk gambar/video) , untuk data dengan kecepatan bervariasi (32Kbps s/d 8 Mbps). Karena menggunakan kabel telepon, maka xDSL menyediakan bandwidth frekwensi secara dedicated (no-share bandwidth). xDSL mempunyai Bite Rate yang tinggi (asymetric dan symetric). xDSL menggunakan aplikasi Mode IP dan ATM. xDSL mudah instalasi dan langsung dapat dipakai.